translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Rabu, 25 April 2012


Perangkat keras Komputer
(Hardware)

Computer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input (data masukan), memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi yang bias dimanfaatkan oleh pengguna.
Komponen Hardware pada hakikatnya adalah komponen yang bisa kita lihat, raba, dan rasakan dengan indera, jadi wujud fisiknya nyata. Contoh : keyboard, Mouse, Monitor, Casing, Scanner, Hardisk, Processor, Memory, Printer dll.
Dilihhat dari Fungsinya, hardware (perangkat keras) bisa dikategorikan menjadi beberapa kelompok, yaitu :
1.      Perangkat Masukan (Input Device)
2.      Perangkat Pemprosesan (Processor)
3.      Perangkat Penyimpanan (Memory)
4.      Perangkat Tambahan ( Periferal)
5.      Perangkat Keluaran (Output Device)



A.      Perangkat Masukan (Input Device)
Unit input/output adalah bagian dari system mickroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor untuk berhubungan dengan perangkat lain. Perangkat masukan adalah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer.
Perangkat masukan dikelompokan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
1.      Perangkat input langsung, yaitu perangkat atau peralatan yang langsung memasukan data atau perintah ke alat proses untuk langsung dip roses tanpa melalui perangkat lainnya.
2.      Perangkat input tak langsung, yaitu perangkat yang merupakan perantara data anatara media penyimpanan dan perangkat pemprosesan data

1.      Perangkat input langsung
Unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain menangkap data yang dikirim oleh mikroprosesor, contohnya layar monitor. Perangkat ini dapat langsung memasukan data atau perintah ke perangkat pemprosesan tanpa menggunakan perantara perangkat lain. Beberapa perangkat input langsung antara lain bisa berupa : Joystick, gamepad, web camera, peralatan pengganti mouse (touch pad dan light pen)

a.      Papan ketik (keyboard)
Keyboard
Papan ketik (keyboard) adalah perlatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukan) teks  dan juga untuk mengontrol pengoperasian computer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol –tombol tersebut mempunyai huruf atau symbol yang tercetak di atasnya yang menunjukan huruf atau symbol yang akan ditampilkannya dimonitor bila ditekan . selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
Ada berbagai jenis tata letak tombol keyboard, namun yang paling popular digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling popular. Keyboard tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan pada bagian atas ( di tombol F1, F2 dan lain-lain)untuk mempermudah pengguna dalam mengakses isi computer. Selain itu keyboard baru juga banyak yang nirkabel. Desain ini telah diperluas menjadi tata letak keyboard PC standar yang mempunyai 101 gaya tombol, dan dua kelompok tombol khusus kursor, sebuah keypad yang mengikuti gaya kalkulator, dan dua kelompok tombol-tombol khusus, serta tombol-tombol untuk menu Windows (misalnya di computer IBM atau menu Aplle (dikomputer Macintosh)
Berdasarkan jenis kabel input yang digunakan , keyboard di bagi menjadi menjadi Keyboard PS2, keyboard USB, dan Keyboard Wireles (tanpa kebel)
Keyboard standar memiliki tombol sebanyak 101/102 buah. Fungsi umum tombol pada keyboard standart adalah:
1)      Tombol utama terdiri dari karakter huruf, angka, dan symbol berfungsi untuk memasukan huruf, angka, (operasi matematika ) dan symbol.
2)      Tombol panah berfungsi untuk menggerakan cursor atau insetion point sesuai dengan arah yang ditunjukan oleh tanda panah.
3)      Tombol home, berfungsi untuk menggerakan kursor ke posisi semula(awal)
4)      Tombol End, berfungsi untuk menggerakan kursor ke posisi akhir.
5)      Tombol Tab, digunakan untuk memindahkan kursor ke tanda tab stop.
6)      Tombol Page up, berfungsi untuk menggulung naskah 1 halaman layar ke atas.
7)      Tombol Page down, berfungsi untuk menggulung naskah 1 halaman /layar ke bawah.
8)      Tombol fungsi ( F1-F12) memiliki kegunaan yang berbeda pada setiap program aplikasi lain,.
9)      Tombol kombinasi harus digunakan dengan cara ditekan bersama dengan tombol yang lain, contoh sebagai berikut.
a.      Tombol Ctrl (control)
Misalnya, Ctrl + S untuk menyimpan pekerjaan dari suatu program aplikasi, Ctrl+C untuk mengopi data, dan sebagainya.
b.      Tombol Alt (alternate)
Misalnya, Alt + Tab untuk berpindah dari suatu program dari suatu program aplikasi ke program aplikasi lainnya, Alt + F4 untuk menyimpan lalu keluar dari program aplikasi dan sebagainya.
c.       Tombol Shift
Selain digunakan untuk membuat huruf capital secara tidak tetap, juga digunakan untuk mengambil wild chart (karakter khusus)sebelah atas dari sebuah tombol misalnya, Shift + 3 menjadi #, Shift + menjadi <, Shift + 2 menjadi @ dan lainy sebagainya.

10)  Tombol pengontrol /bantu, yang terdiri atas beberapa tombol sebagai berikut.
a.      Tombol Enter, berfungsi untuk mengakhiri pengetikan, melaksanakan perintah dan pindah ke baris berikutnya.
b.      Tombol Caps Lock, apabila diaktifkan akan menghasilkan huruf capital (huruf besar) apabila tidak diaktifkan huruf kecil.
c.       Tombol Esc (Escape), berfungsi untuk membatalkan suatu perintah.
d.      Tombol Backspace, berfungsi untuk menghapus karakter/spasi di sebelah kiri, ataupun paragraph setelah sebelumnya paragraph tersebut di blok.
e.      Tombol Del( Delete), berfungsi untuk menghapus karakter/spasi disebelah kanan kursor/pointer.

11)  Terdapat juga tombol berlogo Windows yang berfungsi untuk aplikasi program Windows apabila mouse tidak aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar